4 Trik Atasi Kecemasan Berlebih

Untuk Kamu yang sering merasa cemas berlebihan, pikiran-pikiran itu seperti terjebak cuma berputar di kepala dan juga tak pernah berakhir. Dalam banyak hal, kecemasan cuma melahirkan lebih banyak kecemasan dan juga tak perlu di jelaskan lebih lengkap bahwa siklus ini cuma akan membuat Kamu merasa stres.

Dikutip dari mydomaine.com, Hari selasa (24/1/2017), Kamu dapat menanggulangi kecemasan ini dengan mempertanyakan pada diri sendiri tentang 4 hal ini, apa saja?

1. Apa yang nyata ketika ini?
9 dari 10 masalah, Kamu akan menemukan diri sendiri kawatir mengenai suatu hal yang belum terjadi.
Tak perlu stres mengenai sesuatu yang masih belum terjadi, hadapilah apa yang nyata kini dan juga rasa cemas Kamu akan berkurang 10 kali lipat.

2. Apakah kecemasan Kamu yaitu masalah ataupun fakta?
Perbedaan penting dari kedua hal diatas yaitu bahwa masalah pasti mempunyai solusi, sedangkan fakta tak. Tak ada fungsinya mengkhawatirkan ataupun bergulat dengan fakta, sebab itu tak akan berubah. Melihat perbedaan antara keduanya yaitu batu loncatan untuk menurunkan kekhawatiran.

3. Apa ini yaitu urusan saya?
Kalau jawabannya yaitu “tak” maka kecemasan itu tak layak mengontrol pikiran dan juga perbuatan Kamu. Dari pada membuat kecemasan dari orang lain menjadi milik sendiri, sebaiknya fokuslah pada apa yang dapat Kamu kontrol, yakni diri sendiri.

4. Bagaimana saya hendak merasa ketika ini?
Ingatlah bahwa Kamu mempunyai kekuatan untuk memilih bagaimana perasaan yang Kamu inginkan. Pada ketika merasa cemas, pilihlah untuk jadi merasa kuat dan juga terkendali.