Andai ASI Tidak Berwarna Putih, Apakah Masih Aman Dikonsumsi Bayi?

Sebagaimana susu pada umumnya, ASI yang di produksi oleh bunda pun juga cenderung berwarna putih. Sayangnya, banyak perempuan yang mengaku kalau warna ASI terkadang dapat menjadi lebih bening, kekuningan, kehijauan, dan juga beragam warna yang lain.

Apakah warna ASI yang tak putih ini berarti bahwa ASI kurang aman untuk di konsumsi? Tak pun juga. Ahli kesehatan mengatakan kalau warna ASI faktanya dapat berubah seiring dengan asupan makanan apa saja yang di konsumsi oleh bunda. Berikut merupakan beberapa jenis warna ASI yang dapat keluar dari payudara bunda.

ASI berwarna bening

ASI yang bening ataupun tampak encer sering kali muncul ketika bunda baru saja melahirkan ataupun pada awal fase menyusui. Ahli kesehatan menyebut susu yang tetap encer ini menjadi foremilk. ASI foremilk faktanya rendah lemak sesuai dengan apa kebutuhan bayi yang baru saja lahir. Setelah menyusui selaama beberapa waktu, maka warna pada ASI ini biasanya juga akan semakin memutih dan juga mempunyai kandungan lemak yang sangat tinggi yang disebut menjadi hindmilk.