Inilah Sejarah Perayaan Tahun Baru di Dunia

SOLO – Sebagian besar warga dunia biasanya merayakan acara tahun baru dengan cara berpesta, meniup terompet, serta menyalakan kembang api. Hal itu di lakukan menjadi ungkapan kebahagiaan serta harapan supaya di tahun yang baru itu, mereka pun akan mendapatkan banyak kebahagiaan. Tetapi, tahukah Kamu Bagaimana sejarah perayaan pada tahun baru di dunia?

Dilansir Solopos.com dari situs Informasi Please, Jumat (30/12/2016), perayaan tahun baru pertama kali di lakukan setelah Julius Caesar dinobatkan menjadi seorang kaisar Roma pada saat 45 tahun SM. Sebelum menetapkan calender modern itu, bangsa Romawi sudah mempunyai calender tradisional. Tetapi, calender itu mempunyai sistem penanggalan yang kacau. Soalnya, calender itu di buat berdasar pengamatan terhadap munculnya matahari serta bulan.

Oleh karena itu, Julius Caesar hendak menyempurnakan calender tradisional itu menjadi lebih modern. Untuk mewujudkan keinginannya itu, dia mengharap bantuan seorang pakar astronomi bernama Sosigenes. Ketika itu, Sosigenes menyarankan supaya sistem penanggalan baru itu di buat mengikuti revolusi matahari, seperti yang di lakukan orang-orang Mesir.