Martin Cooper, Mantan Tentara Pionir Telekomunikasi Nirkabel

JAKARTA – Perkembangan ponsel pintar yang semakin pesat tak terlepas dari sosok berikut ini. Karena tangan dinginnya, lahir gadget telekomunikasi nirkabel yang ketika ini di gunakan rakyat.

Martin “Marty” Cooper adalah lulusan dari llinois Institute of the Technology di Chicago dengan bergelar sarjana di sektor teknik listrik pada 1950. Tidak lama setelah lulus, dia memutuskan bergabung bersama Angkatan Laut Amerika Serikat atau AS dan juga bertugas selama Perang Korea.

Puas mengabdi di tentara, dia kembali ke habitat aslinya di sektor teknik. Cooper juga bergabung dengan perusahaan Motorola di tahun 1954. Di Motorola, dia bekerja pada banyak proyekt yang melibatkan sebuah komunikasi nirkabel, seperti pada sistem pertama radio control lampu lalu lintas dan juga radio polisi genggam pertama.

Ketika itu Regulator Telekomunikasi Amerika (FCC) mengharap kompetitor Motorola yaitu AT&T untuk membuat technology telekomunikasi nirkabel yang jauh lebih praktis. Menanggapi sebuah permintaan FCC, AT&T juga mengusulkan arsitektur pada seluler untuk memperluas sebuah layanan mobile telephonenya.