XL Klaim Sinyalnya Mampu Menembus Gedung

Semenjak menerapkan technology baru di menara BTS miliknya, XL mengklaim jaringannya semakin kuat. Bahkan pembeli tidak perlu kawatir kehilangan sinyal walau berada di dalam ruangan.

Adapun technology yang di maksud merupakan 4×4 MIMO yang menggandakan jumlah dari cabang antena BTS dari yang mulanya 2×2 menjadi 4×4. Dengan begitu maka kekuatan jaringan yang di sodorkan menjadi akan lebih luas dan juga pun juga lebih kuat. Hingga dapat menembus tembok-tembok rumah ataupun gedung.

“Jika dahulu mungkin sinyalnya cuma hingga di teras rumah, kini dapat hingga kamar. Sebab jaringannya lebih kuat, pakai 4 antena,” terang Budi Harjono, VP Network and Planning XL, Jumat.

“Justru dalam gedung kita paling advance dibandingkan pesaing. Banyak gedung di Jakarta yang telah kita cover,” imbuhnya.

Sejauh ini implementasi technology 4×4 MIMO sudah diaplikasikan di jaringan XL di daerah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan juga sejumlah kota yang lain di Jawa Tengah. Selain itu upgrade pada jaringan XL ini pun juga menjadi jalan untuk operator biru ini menuju era 4,5G.

Dengan BTS berteknologi 4,5G yang akan mulai digunakannya itu, XL mengklaim dapat menaikkan kecepatan data di layanannya sampai 30% lebih besar dari yang dapat disodorkan technology 4G yang ditawarkannya ketika ini.

Namun, mulai di terapkannya 4,5G bukan berarti jaringan 4G berhenti di kembangkan. XL berencana mengaktifkan technology Carrier Aggregations (CA). Penerapannya nanti juga akan memanfaatkan frekuensi sebesar 1800 MHz dan juga 2100 Mhz. Tetapi untuk mewujudkan hal itu, XL tetap bergantung kepada kepadatan jaringan 3G yang di milikimya ketika ini.

“CA akan memakai 1800 MHz dan juga 2100 MHz, ketika ini saya tetap trial. Ke depan akan saya kembangkan, namun tetap menunggu space 3G hingga agak kosong, baru kita akan terapkan CA,” pungkas Budi.